• Posted by : Fachri Rachmanda Jun 6, 2012

    Awal Mei lalu lagi heboh-hebohnya film garapan Marvel, yaitu The Avengers. Disitu ada salah satu tokoh yang paling berjasa. Kalo situ udah nonton pasti tau siapa yang menggagalkan peluncuran misil ke tengah kota dan membawa misil tersebut ke portal dimana pasukan Chitauri - pasukan panggilan Loki, dan dia hampir mati karena kehabisan energi. Yap, Iron Man.

    Iron man adalah salah satu karakter fiksi superhero ciptaan penulis Stan Lee desain Don Heck dan Jack Kirby yang muncul di komik terbitan Marvel Comics dan muncul pertama kali di komik berjudul Tales Of Suspense pada Maret 1963. Umm, mungkin waktu itu bokap gue baru umur 1 tahun. Kalo dia sempet baca Tales of Suspense, gue termasuk anak yang bangga akan bapaknya. Apa deh. Gue mulai suka sama Iron Man juga karena alasan ga penting, dia mirip robot. Namanya juga anak kecil. Seiring dewasanya gue, mulai banyak yang bilang kalo sifat gue mirip sama orang didalam armor tersebut. Egois, tapi lumayan rela berkorban. Pake lumayan ya. Trus, kapan ngomingin seluk beluk Iron Man kalo gue curhat terus. Khhhhhhhhh....

    Diceritakan, seorang ilmuwan sekaligus insinyur playboy Anthony Edward Stark mendapatkan warisan untuk memegang perusahaan Stark Industries dari orang tuanya, Howard Stark yang tewas dalam kecelakaan pesawat.

    Ketika sedang mengamati efek dari teknologi eksperimentalnya pada upaya perang Amerika, Tony Stark kena ranjau dan diculik oleh pasukan musuh pimpinan Wong Chu. Lalu, Tony disuruh membuat senjata pemusnah massal yang materialnya berasal dari hasil jarahan produksi Stark Industries. Tapi, dadanya mendapat kan cidera parah, yaitu serpihan ranjau bersarang dan lama kelamaan berjalan mendekati jantungnya. Tahanan Wong Chu lainnya, yang juga seorang ilmuwan, dan juga salah satu idola Tony sejak kuliah, Ho Yinsen meolongnya dengan menanamkan piringan magnet ke dada Tony untuk mencegah pecahan ranjau tersebut mendekati jantungnya. Diam-diam, Tony dan Yinseng menggunakan material senjata untuk membuat kostum besi bertenaga untuk membantu mereka melarikan diri. Namun, di saat akhir pengerjaan, Yinseng mengorbankan dirinya untuk mencegah pasukan Wong Chu mengetahui proyek rahasianya. Tony berhasil melarikan diri dan membalas dendam pada pasukan Wong Chu. Dia ditemukan dalam keadaan terluka oleh pilot Pasukan Marinir yang melintas.

    Kembalinya di rumah, Tony menyadari bahwa fragmen pecahan ranjau yang bersarang di dadanya ga bisa dimusnahin, dan juga piringan di dadanya harus diganti secara berkala atau tidak dia akan tewas. Maka dia mengubah piringan tersebut dengan energi murni ciptaannya, yaitu Arc Reactor yang juga berfungsi untuk memberi tenaga kostum besinya.

    Singkat cerita, Iron man dijadikan sebagai maskot dari Stark Industries. Karena hal tersebut, Tony harus mempertahankan hidupnya dari ancaman musuh yang ingin menghancurkan hidupnya dan perusahaannya. Diantara musuhnya adalah seperti Black Widow yang saati itu menjadi mata-mata Soviet, Crimson Dynamo dan Titanium Man, dan juga penjahat independen kayak Mandarin yang jadi musuh besarnya. Pada akhirnya, Tony menemukan cinta sejatinya yang tidak lain adalah asistennya sendiri, yaitu Virginia Potts, yang sering dipanggil 'Pepper'.

    Pas tahun 2008, film adaptasi Iron Man dirilis. Tony Stark diperankan oleh Robert Downey Jr. yang juga berperan sebagai Sherlock Holmes di film tetangga. Film tersebut udah meraup keuntungan lebih dari 570 juta dollar. Tapi, game adaptasinya malah bernilai kurang dan kerap dapet ulasan negatif.

    Cerita asli dari Iron Man emang agak beda sama yang difilmin. Ibaratnya kayak novel Ayat-ayat Cinta yang ga selengkapnya ditumpahin ke film. Halah, jauh banget. Itu dikarenakan dulunya cerita Iron Man dipake Stan Lee sebagai senjata 'Perang Dingin'. Tapi sekarang fungsi tersebut udah ga dipake karena takut jadi kejahatan korporasi. Tapi menurut gue sendiri sih cerita yang sekarang ini juga masih berbentuk senjata. Untuk melawan siapa? Terka aja sendiri. Selain di ceritanya sendiri, tokoh Iron Man juga dipake di komik Marvel yang lain, semisal Spider Man, Marvel Action Hour bareng Fantastic Four, The Avengers, masih banyak deh. Sayangnya gue lupa. Dan mungkin kalo yang pernah nonton The Inchredible Hulk sampe abis pasti ngeliat Tony Stark nyamperin calon mertuanya Bruce Banner di bar.

    Iron Man punya beberapa versi armor, yang pasti ga cuma Mark1, Mark 2, dan seterusnya.


    Ini baru beberapa, aslinya ada sekitar 16 armor

    Dari beberapa armornya, ada satu tipe armor yang paling sangar, yaitu Bleeding Edge Armor. Jadi armor yang Extremis diubah dalam bentuk nanobots dan ditanam ke dalam tulangnya Tony. Bukan, Tony bukan orang Batak.



    Setau gue, nanti pas Iron Man 3 yang bakar rilis Mei 2013 koleksi armornya bakal ditunjukin semua. Dan gue juga dapet bocoran musuh Iron Man nanti. Dan warna musuhnya ini agak familiar


    Ya, armornya mirip Iron Man dan warnanya mirip Captain America. Dialah Iron Patriot. Awalnya teknologi armor ini emang dibikin Tony buat Captain America, tapi dicuri Norman Osborn. Tapi, ada halangan munculnya Iron Patriot di film nanti. Karena karakter Osborn itu tokoh penjahat di Spider Man yang hak ciptanya dipegang sama Sony Pictures sedangkan tokoh Marvel lainnya dipegang sama Disney. 

    Untuk menunjukkan betapa gue mengagumi Iron Man, gue mau nyoba bikin helmnya pake papercraft, atau bahasa kerennya Pepakura. Tapi melihat bagian-bagian yang detail, gue merasa tersiksa duluan.



    Mungkin itu yang bisa gue beberin tentang Iron Man. Sebetulnya masih banyak, tapi karena keterbatasan waktu dan tenaga ya segitu aja. Klise sekali yah. Ohiya, doain ya biar gue lulus tes di SMA yang gue tuju. Perjuangannya sungguh sengit, kayak ngelawan Megatron PMS.

    { 18 comments... read them below or Comment }

    1. errr Mei 2013? *ngitung pake jari berapa hari lagi*.
      << udah ga sabar..
      Btw semoga lulus tesnya ya Fachri :D

      ReplyDelete
    2. Iron Man Classic unyu kali ya?
      Harusnya Iron Man obesitas xD
      Gue baru engeh kalo si Robert Downey itu si Sherlock Holmes.
      Karakter konyolnya gak jauh beda antara di film sana sama film yang ini xD

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mungkin itu juga alasan Robert Downey yang dipilih buat meranin dua tokoh itu

        Delete
    3. awal kenal sama ironman pas main game marvel vs capcom, terus nonton film ironman yg pertama, ternyata seru,
      sampe sekarang suka sama ironman, hanya saja film ironman 2 kurang bagus ceritanya, hanya peningkatan pada kostumm saja :/

      btw kostum yg klasik itu kayak teletabis abu-abu

      ReplyDelete
    4. untungnya gue sering baca komik marvel, bukan cuma nonton filmnya doang. tapi kalo udah difilmkan, hasilnya memuaskan, tapi kalo imajinasi ketinggian, kadang kecewa #songong

      eniwei itu musuhnya mirip banget kayak captain america .__.

      ReplyDelete
    5. kostuuum nyaaa :O
      keren
      lo dapet gituan dari mana sih? -___-
      dapet aja haha

      ReplyDelete
    6. Kayaknya di post ada yang nyebut-nyebut Mega deh~ *merasa terpanggil* *cuma merasa* *merasa doang* #okesip
      kok situ tau bener deh cyin seluk beluknya iron maiden? eh iron man maksudnya x_x
      Iron man yang Ghost kece bet tuh cyin *-*
      eh btw nice template you got here ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lebih kece yang Ultimate, lebih keliatan robotik. Mukanya tapi kayak Pac Man

        Delete
    7. can't wait to watch T^T
      setahun lagi -___-

      ReplyDelete
    8. *pengen lihat Megatron PMS, jadi Megatron ini wanita yah ?*
      #salahfokus

      Uwooo, jadi pengen lihat keseluruhan armornya Iron Man. Pas di film cuma nunjukin dua, itu pun diambil dan jadi War Machine .__.

      ReplyDelete
    9. entah kenapa robert downey membawakan peran dengan gaya yang slengean itu membuat saya suka..
      terlebih pada saat memerankan serlok holmes.. :D

      ReplyDelete
    10. armornya yang nanobots itu sesuatu yah ... hahaha punya ironman 1 sama 2 dirumah , bentar lagi jadi 3 deh. makasih infonya bang

      ReplyDelete
    11. hahaha... iron man = manusia setrika? #yekali

      ReplyDelete
    12. Oh.. ini toh Iron Man teh, yang kemaren main film bareng nenek gayung *ditoyor*

      ReplyDelete
    13. superhero paling akuu suka nei ironman.... isu-isunya nei yah pemeran utamanya bakalan di ganti, karena dah ketuaan di ironman 3.... gak asik lage kalo Robert Downey gak main lagi...

      tuh kayak spiderman4...malas nontonya dah di ganti juga:(

      ReplyDelete

    Kasih komentar seikhlasnya, jangan ngandelin contekan :P

  • - Copyright © 2013 Rachmanfachri - To Aru Kagaku no Railgun - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -