• Posted by : Fachri Rachmanda Sep 19, 2012

    Udah pernah nonton Transformers, baik versi film maupun serial kartunnya kan? Nah, pasti tau deh siapa pemimpin dari Autobot. Yup, dialah Optimus Prime. Ternyata sebelum Otimus menjadi pemimpin Autobot ada juga pemimpin-pemimpin sebelumnya yang disebut sebagai para Prime. Prime adalah julukan bagi robot yang dipilih untuk memegang Matrix of Leadership. Prime dipilih oleh Primus, dewa dari para robot dan diutus untuk menghancurcan Unicron, yaitu dewa pembawa kekacauan yang berniat untuk menguasai seluruh alam semesta.

    Matrix of Leadership

    Kali ini, gue bakal ngasih tau siapa aja para Prime yang pernah memegang Matrix of Leadersip. Karena versi  Transformers itu banyak dan punya Prime tersendiri, jadi gue rangkum semuanya. Lumayan, biar bahannya keliatan banyak~


    Prima adalah utusan pertama dari Primus, dan juga salah satu dari 13 robot pertama yang diciptakan oleh Primus sendiri. Ciptaan pertama ini belum bisa dijuluki sebagai 'Transformers' karena belum memiliki kemampuan untuk berubah wujud, dan mereka dijuluki 'The Thirteen'. Meski begitu, Prima diangkat sebagai Ksatria Cahaya dan memiliki Pedang Bintang dengan Matrix di pangkal gagangnya. Sudah jelas bahwa kemunculannya untuk melawan Unicron. Dia dan The Thirteen yang tersisa (mungkin udah ga pantes dibilang tiga belas lagi) dibuatkan sebuah planet, yakni Cybertron. Ternyata, mesin pengatur Cyberton membawa planet tersebut melintasi 'kandang' Unicron, maka terjadi lagi perang. Namun, The Thirteen dikhianati oleh anggotanya sendiri yang sekarang dikenal dengan sebutan The Fallen. Meskipun The Thirteen kalah, Unicron dan The Fallen berhasil digugurkan dan tersedot lubang hitam.

    Prime Nova adalah pemegang Matrix setelah Prima, namun keberadaannya kurang jelas dikarenakan kemunculannya yang terlalu singkat. Peristiwa yang paling penting tentang Nova yang diceritakan oleh Omega Supreme adalah saat dia ingin memperluas ras Cybertronian dan mempengaruhi peristiwa kosmik. Dia percaya bahwa bangsa robot berada di atas bentuk kehidupan lain dan menginginkan alam semesta dituangkan oleh citraannya. Supreme menduga kalau Ark pertama Cybertronian akan menjadi 'alat' perluasannya dan merasa kalau hal tersebut akan berakibat buruk. Ternyata benar, Nova dan pasukan perluasannya termasuk Jhiaxus dan robot penggabung Monstructor menghilang ke Dead Universe. Anehnya, Nova masih sempat mewariskan Matrixnya.

    Guardian Prime mewarisi Matrix dari Prime Nova dan menjadi pemimpin robot-robot baik yang kemudian disebut sebagai Autobot yang memaksa Quintessons pergi dari Cybertron. Mereka menamai kelompoknya dan bermisi untuk membuat perdamaian. Namun para robot militer menolak dan membuat kelompok sendiri bernama Desepticon dan menyatakan perang pada Guardian Prime. Di dalam perang, Guardian gugur dan memberikan Matrix pada Zeta Prime.

    Zeta Prime (The Narrator) menggantikan kedudukan Guardian Prime sebagai seorang pemimpin Autobot. Masa kepemimpinannya sangatlah singkat, karena dia terbunuh sebelum perang antar kelompok selesai. Di versi cerita yang lain, dia menjadi pemimpin yang korup. Namun, dia dilatih untuk menjadi pemimpin yang benar dan terlibat pada perang sipil. Jelang akhir perang, dia malah menjadi magnet kegiatan teror Decepticon. Di versi Transformers manapun Zeta adalah robot yang dinilai negatif

    Sentinel Prime (Sentinel Major) awalnya adalah budak dari Quintessons. Dia dilengkapi dengan peralatan tempur untuk berpartisipasi dalam permainan gladiator sebagai acara hiburan. Dia pernah dikalahkan oleh Prima, yang menyerang majikannya saat pertandingan usai. Sampai pada akhirnya robot-robot budak tergerak untuk melakukan pemberontakan kepada Quintessons dan mengusirnya dari Cybertron. Sentinel dan para Autobot yang selamat, merampas kesempatan dari para Desepticon, yang ingin membuat perubahan demi kepentingan mereka sendiri. Terjadilah perang yang mebuat pemimpin Autobot gugur dan pada akhirnya Matrix diwariskan kepada Sentinel. Pada saat itulah para Autobot memiliki kemampuan untuk merubah bentuk tubuh mereka. Dangan kemampuan itulah mereka berhasil mengalahkan pemimpin Desepticon.

    Optimus Prime (Orion Pax) awalnya adalah seorang robot buruh pabrik energi di masa kekuasaan Decepticon di bawah pimpinan Megatron. Suatu hari, Megatron dan pasukannya datang ke pabrik tempat Orion berkerja. Dia ditipu dan energi-energi disana dicuri. Megatron membuat Orion terluka parah. Nah, kebetulan robot penggabung Aerialbots lagi nyasar ke jaman tersebut saat melakukan percobaan mesin waktu. Melihat kejadian itu, para Aerialbots membawa Orion ke hadapan Alpha Trion. Kebetulan Trion sedang mencari cara melawan Decepticon, dan kedatangan Orion jadi kesempatan baginya untuk membuat seorang prajurit. Akhirnya Trion membetulkan kembali Orion. Dan karena Orion adalah robot yang berjiwa besar, dia juga meletakkan Matrix di dadanya. Maka jadilah dia seorang Optimus Prime. Setelah pulih, Optimus langsung melawan Megatron yang kaget dengan kedatangannya. Saat Megatron menanyakan siapa dirinya, Optimus menjawab 'Aku adalah mimpi terburukmu' dan megalahkan Megatron di pertempuran pertamanya.

    Rodimus Prime (Hot Rod) adalah Prime setelah Optimus. Dia adalah robot yang kurang ajar, keras kepala, dan sombong. Dia selalu diberi nasihat oleh Kup meskipun sifatnya tetap menjengkelkan. Sebaliknya setelah dia menjadi seorang Prime, walau tetap keras kepala, dia menjadi kurang percaya diri, sering meragukan keputusan sendiri dengan statusnya sebagai pemimpin Autobot jika dia membandingkan diri dengan Optimus. Biar begitu, baik Hot Rod atau Rodimus adalah orang yang tidak sabaran. Waktunya untuk menunggu digunakan untuk melakukan hal lain. Dia juga tipe robot yang mandiri. Dalam pertarungan, Rodimus memiliki rekan dari kelompok Targetmaster yaitu Firebolt. Kedudukannya sebagai pemimpin adalah sebuah titik balik dalam hidupnya, karena Matrix memilihnya sebagai Prime setelah kematian Optimus. Buah dari kepemimpinannya adalah kekalahan Unicron dan kembalinya Cybertron dalam kekuasaan Autobot.

    Ultra Magnus memiliki keberanian yang luar biasa, dan kemampuan improvisasi di medan tempur yang tak tertandingi. Namun, dia lebih nyaman mejadi seorang bawahan daripada menjadi seorang pemimpin. Apabila dia diperintahkan untuk menjadi pemimpin, dia hanya mengkhianati bakatnya sendiri. Dia kuat, tegas, bisa diandalkan, tidak egois, dan berani. Sayangnya, dia tidak pernah mengakui hal tersebut. Mengetahui kekuatannya yang lebih besar dari Autobot rata-rata, dia rela berkorban demi melindungi teman-temannya. Dia adalah pemegang sementara Matrix, sampai selanjutnya diberikan kembali kepada Optimus yang telah bangkit dari kematiannya. Wujud aslinya sangat mirip dengan Optimus Prime, hanya saja keseluruhan warnanya adalah putih.


    Nemesis Prime adalah klon Optimus Prime bersifat jahat yang dikendalikan oleh Sideways untuk memusnahkan Autobot dan Decepticon. Dia memindai pikiran dari kedua belah pihak, dengan kata lain memata-matai rencana, dan menyergap mereka lalu mengambil bentuk dari Optimus yang paling kuat dan dihormati pada saat itu. Sebagai tiruan dari Optimus, Nemesis memiliki kekuatan dan kemampuan seorang Prime, disamping kemampuannya untuk merekonstruksi diri sendiri. Dia dihancurkan oleh kedua belah pihak sehingga mengalami kerusakan yang sangat parah. Dia dibangkitkan dan ditingkatkan kemampuannya oleh para Mini-Con. Dia benar-benar dimusnahkan oleh Optimus yang menggabungkan kekuatan dengan Overlad dan Galvatron, bentuk baru dari Megatron.

    Optimus Primal, muda dan belum teruji, adalah seorang kapten kapal eksplorasi saat dia ditugaskan untuk mengejar kapal Predacon curian di bawah kepemimpinan Megatron. Sebagai pemimpin kelompok kecilnya, Maximal, dia menjalankan kepemimpinan berdasarakan cara kepemimpinan legendanya, Optimus Prime, yang penuh hormat baik kepada kawan maupun lawan. Kekuatannya sendiri melampaui kekuatan para Autobot, hanya saja tidak sekuat Ultra Magnus. Namun, dia belum menjadi seorang Prime. Setelah dia mengambil pecahan Matrix dari tubuh Optimus Prime lalu memasukan ke dalam dadanya, jadilah dia Optimal Optimus dan bergabung bersama Autobot.



    Primal Prime bukanlah seorang Prime, namun memang struktur tubuhnya terdiri dari Matrix. Dengan kata lain, Matrix adalah bagian tubuhnya sehingga dia dijuluki The Living Matrix. Dia diciptakan oleh Vok dan memiliki 3 mode perubahan yaitu jet tempur, truk tempur, dan juga sama seperti Optimus Primal yang bisa menjadi kera besar. Dengan keistimewaannya, dia memiliki kekuatan abadi dari para Prime yang luar biasa dan juga bisa. Meski begitu, Primal adalah tipe peragu. Dia khawatir apabila sikapnya terlalu objektif, terlalu mudah ditipu dalam memimpin pasukannya. Dia bukanlah penerus Optimal Optimus memimpin Maximal, tapi kelompok yang dipimpinnya adalah The Wreckers pada Beast Era.


    Leo Prime adalah anggota berpangkat tinggi di Maximal. Dia memiliki Matrix, namun bukan Matrix of Leadership melainkan Energon Matrix hasil penggandaan dari Matrix milik Optimal Optimus. Dia memiliki kekuatan yang berasal dari Angolmois, yaitu kekuatan yang membuatnya memiliki bentuk perubahan singa putih yang berasal dari planet Gaea. Mengetahui hal tersebut, Galvatron dan para Predacon pun datang ke Gaea untuk mendapatkan Angolmois. Leo Prime dan pasukannya telah membuntuti Galvatron dari awal, sampai akhirnya terjadilah pertempuran yang melukai Leo saat dalam bentuk singa sehingga tidak dapat berubah menjadi bentuk robot. Saat melakukan pemulihan dengan energi Angolmois, dia dipertemukan kembali dengan 'anak' nya, Leo Junior.

    .
    .
    .

    Sebelumnya, siapa sajakah The Thirteen?!


    The Thirteen adalah 13 robot pertama yang diciptakan oleh Primus. Tiap robot punya mode yang berbeda, sehingga memiliki 'keturunan' berdasarkan modenya masing-masing. Rata-rata dari mereka adalah Prime dari modenya. Dari beberapa sumber yang ditemukan, hanya ada 11 yang berhasil terdata, dan tidak semua diilustrasikan. (Hasil pendataan pada Comic-Con 2012)


    Sebetulnya masih banyak Prime lainnya yang belum dibeberkan, tapi karena Transformers dibuat oleh publisher yang berbeda tiap masanya jadi ada cerita yang diubah atau dihapus. Yang pasti, Transformers pertama kali muncul tahun 1984 oleh Marvel. Itu kartunnya aja, buat komiknya sendiri lebih tua dari itu.

    Ciaou!

    { 16 comments... read them below or Comment }

    1. keren :3 baru tau ada the thirteen. saya taunya bumbblebee aja sih :/

      ReplyDelete
    2. keren2 euy.. jadi inget waktu mash muda hehe

      ReplyDelete
    3. Ditipi yang pernah muncul cuman Optimus Prime sama Rodimus doang seinget gue.
      Jadi itu tiap prime punya "karakter kaya Megatron" sendiri sendiri ya?

      Ini ngomongin autobots tapi gue keingetnya malah medabots (.__.)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalo kartunnya Marvel emang nyeritain dari masa Optimus dan Rodimus, kalo di komiknya nyeritain dari awal pas baru nyiptain Prima

        Delete
      2. Pantes~
        btw itu dikomik diceritain runtut bang? Dari masa kemasa Prime-nya?

        Delete
    4. Beast Prime itu bukannya yang ada di BeastWar bukan?

      #CMIIW

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ya, Beast Prime menghasilkan 'keturunan' yang punya planet dan masa sendiri, Beast Era. Beast Wars itu nyeritain tentang Beast Era

        Delete
      2. Tapi kenapa teknologi Prime disana terkesan mundur? Dari yang semi-robotik gtu sampai jadi beneran kaya' hewan (eh, harusnya maju dong yah?)

        Delete
    5. gak terlalu ngikutin transformers selain dari tipi, emang lu liatnya dimana? banyak sumber jadi bingung ngikutin cerita

      ReplyDelete
    6. yang gini-gini adanya dimana sih Ri? di komik sama kartun ya? gue cuma ngikutin filmnya sih XD

      ReplyDelete
    7. banyak amat ternyata -___- gue taunya cuma optimus, rodimus dama ultramagnus... dan seinget gue, rodimus ituuu... lumayan kampret dan bentuk mobilnya agak aneh :))

      ReplyDelete
      Replies
      1. Perubahan dia paling ga logis dari fisik maupun proses ._.

        Delete
    8. Terlalu banyak infomu bang, aku yang gak begitu mengikuti dari paling awal jadi agak bingung XD Tapi tetep keren, baru tahu ada the thirteen :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Emang sih, buat yang belom tau ceritanya susah buat dicerna ._.

        Delete
    9. kere ya... walaupun gitu, filmnya ngga masuk dalam rating film favoritku..hahah :3

      ReplyDelete
    10. aku suka nih sama blognya..
      isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
      jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa sob..^_^

      oia salam kenal
      kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
      folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

      ReplyDelete

    Kasih komentar seikhlasnya, jangan ngandelin contekan :P

  • - Copyright © 2013 Rachmanfachri - To Aru Kagaku no Railgun - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -